Gelaran Perdana Daurah Marhalah Ula SMK Pekerjaan Umum Malang

Acara Pembukaan Zoom Meeting Nasional

Malang – Guna memberikan pemahaman Islam yang baik dan melanjutkan estafet perjuangan pendidikan, SMK Pekerjaan Umum Malang adakan Daurah Marhalah Ula (DMU). Acara mengusung tema “Kader Muda Hidayatullah : Aktif Halaqoh, Cerdas, dan Pemimpin Masa Depan” berlangsung selama tiga hari mulai Rabu-Jumat, 29-31 Mei 2024. Alhamdulillah kegiatan yang diadakan di sekolah yang beralamat Jl. Simpang Sulfat Utara No. 20 Kota Malang ini berlangsung sukses dan penuh khidmat.

Pada Hari Senin, 27 Mei 2024, acara dibuka langsung serentak secara Nasional oleh ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah, Ust. Dr. H. Nashirul Haq, M.A. Acara ini dihadiri oleh ribuan peserta secara offline di lokasi pembukaan acara, Kampus Utama Hidayatullah Surabaya dan secara online dari 38 provinsi di seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Ketua Umum DPP Hidayatullah, Ust. Dr. H. Nashirul Haq, M.A., menyampaikan bahwa DMU Nasional SMA Hidayatullah bertujuan untuk melahirkan generasi rabbani yang berkualitas dan siap membangun peradaban Islam.

Pembukan acara ini juga dihadiri oleh sejumlah pengurus DPP Hidayatullah diantaranya Ketua Bidang Tarbiyah DPP Hidayatullah Ir. Abu A’la Abdullah, Ketua Departemen Ust. Muhammad Sholeh Usman, M.I.Kom., Ketua Departemen Kepesantrenan KH Muhammad Syakir Syafi’i, dan hadir juga unsur Pengurus Pusat Pemuda Hidayatullah.

Pemateri, KH. Ust. Baihaqi, Lc

Adapun materi dari daurah yang diberikan di SMK Pekerjaan Umum Malang ini yaitu tentang manhaj yang dijabarkan melalui lima surah awal yang turun ke Nabi Muhammad, di Hidayatullah biasa disebut Manhaj Sistematika Wahyu.

Acara berlangsung terbagi menjadi 8 sesi :

  1. Sesi pertama Pengantar Sistematika Wahyu
  2. Sesi kedua, Al-Alaq 1-5 sebagai Lahirnya Syahadat
  3. Sesi ketiga, lanjutan Al-Alaq 1-5 sebagai Makna dan Konsekuensi Syahadat
  4. Sesi keempat, Al-Qolam 1-7 sebagai Komitmen Hidup ber-Quran
  5. Sesi kelima, Al-Muzammil 1-10 sebagai Pembekalan Diri dengan 7 “Azimat“ dan beribadah tekun
  6. Sesi keenam, Al-Muddatstsir 1-7 sebagai Komitmen Berdakwah
  7. Sesi ketujuh, Al-Fatihah 1-5 sebagai Komitmen Berjamaah
  8. Sesi kedelapan, Mengenal Hidayatullah

Para Pemateri di SMK PUMA sendiri didatangkan langsung dari Kampus Utama Hidayatullah Surabaya ; KH. ust. Baihaqi, Lc, ust. Dr. Mohammad Idris, M.Pd, dan ust. Khairul Azmi, S.Pd.I.

M.A. Abdiya Karim Habibi, S.Pd, selaku penanggungjawab acara mengemukakan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan kesiapan kepada 67 siswa kelas XI agar memiliki kematangan pemikiran dengan pemahaman Islam yang baik, juga sebagai bekal bagi mereka yang akan mengikuti kegiatan pra kerja industri (prakerin) selama 6 bulan agar senantiasa mampu menghiasi diri dengan ibadah dan akhlak yang mulia ; mampu menjaga sholat, ngaji, berperilaku jujur, disiplin, berkomitmen tinggi dan menjadi teladan selama berada di tempat praktek, rumah dan masyarakat. (Azmi)

Pemateri, Dr. ust. Mohammad Idris, M.Pd
Open chat
1
Hubungi Kami Sekarang
SMK PU Malang PPDB
Hello 🎉
Selamat datang di website SMK PU Malang